Wisata Edukasi 2017 SMP Labschool Jakarta


WISATA EDUKASI KELAS 7

Persiapan keberangkatan

            Pada hari Kamis, 19 Oktober 2017 diadakan acara untuk kelas 7, yaitu Wisata Edukasi ke Pusat Penelitian Ilmu Teknologi (Puspitek) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kami datang ke sekolah paling lambat pukul 06.30 karena akan ada pembukaan dan sambutan dari beberapa guru, kelas 9 pun juga begitu karena diadakan AMT. Pada saat saya sampai di sekolah, sudah terlihat beberapa murid-murid kelas 7 sedang mendokumentasikan atau mengambil foto dan video tentang kedatangan murid-murid ke sekolah pada pagi hari. Pada saat ada penyambutan, murid-murid pun juga mendokumentasikan  nya untuk tugas video Wisata Edukasi. Selesai acara sambutan dan juga doa bersama, kami diarahkan menuju ke bus masing-masing sesuai kelas, kelas 7D mendapatkan bus nomor 4.

Perjalanan menuju Puspitek

            Kami memasuki bus dan memilih tempat duduk yang nyaman dan duduk secara berpasangan. Di dalam bus, kami mengadakan doa kembali dan bus pun mulai jalan. Saat bus mulai jalan, kami dibagikan roti sebagai camilan dan juga sarapan bagi yang belum makan. Selama  di bus kami melakukan aktivitas menyenangkan, seperti mengobrol, karaoke bersama, dan juga mendokumentasikan perjalanan. Tujuan pertama kami adalah menuju Puspitek. Kami sampai di puspitek sekitar pukul 09.00, perjalanan berlangsung kurang lebih 2 jam.

Sampai di Puspitek

            Ketika sampai di Puspitek, kami disambut oleh pihak dari Puspitek. Kami dibawa ke auditorium. Disana, diadakan sambutan dari pihak Puspitek, sambutan dari ketua panitia Wisata Edukasi, yaitu Pak Kasdi, dan juga sambutan dari Wakil sekolah bagian Sarana dan Prasarana, yaitu Ibu Ana. Setelah itu, kami juga menonton video tentang hal-hal sekilas yang menggambarkan Puspitek. Diadakan pula sesi tanya jawab. Dan juga ada pertukaran cinderamata Labschool dan Puspitek. Kemudian, kami dibawa ke tempat penelitian, tiap kelas berbeda-beda tempatnya. Kelas 7D mendapatkan Laboratorium Bioteknologi BPPT. Kami menaiki bus kembali untuk sampai kesana, dan selama di bus kami mengenakan jas lab. Kami juga dibagikan LKS Wisata Edukasi. Didalam bus juga ada pemandu yang menjelaskan tempat-tempat yang kami lewati selama perjalanan menuju ke laboratorium.

Di dalam lab Bioteknologi BPPT dan Screenhouse

            Ketika sudah sampai, kami memasuki lab dan di sana, ada Bapak Imron Roshidi yang menjelaskan berbagai hal yang ada di lab tersebut. Kami mendapat penjelasan tentang alat-alat yang ada, dan juga mendatangi tempat yang memiliki alat tersebut secara langsung. Kami menjawab beberapa pertanyaan yang ada di LKS sembari mendengarkan penjelasan. Kami juga diajak menuju Screen House, yaitu tempat yang penuh dengan tanaman berwarna hijau. Disana juga terdapat tanaman berbunga. Kami di jelaskan tentang cara penanaman dan perawatan tanaman tersebut. Disana, juga ada orang yang terlihat sedang menanam dan merawat tanaman. Setelah penelitian selesai, kami kembali ke bus untuk  perjalanan menuju Skyworld TMII.

Perjalanan menuju Skyworld

            Kami berada di bus sekitar pukul 11.00. Selama di bus kami dibagikan makan siang dan makan di dalam bus. Perjalanan kurang lebih selama 2 jam, kami sampai di TMII pada pukul 13.00 dan kami pergi ke masjid untuk melaksanakan ibadah shalat zhuhur bagi yang muslim terlebih dahulu. Setelah berganti baju dengan kaos angkatan, kami pergi dengan bus menuju Skyworld. Selama perjalanan menuju Skyworld, kami disajikan pemdandangan tempat wisata lain yang berada di TMII serta rumah-rumah adat yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia.

Sampai di Puspitek

            Kami berada di tempat Skyworld dan datang menuju tempat seperti auditorium. Disana, kami mendapat sambutan dari pihak Skyworld, serta menonton tayangan tentang benda benda-benda yang ada di luar angkasa seperti matahari, planet-planet, bulan, dan lain-lain. Setelah itu, kami diarahkan menuju simulasi 5 Dimensi. Selama kami berjalan menuju kesana, kami melewati tempat-tempat yang memiliki benda-benda luar angkasa serta pemandangan bertema galaxy yang mengagumkan. Di lorong tersebut, kami juga bias mengisi LKS Skyworld karena banyak sumber jawabannya.

Di dalam cinema

Ketika kami sampai ke tempat di depan cinema, kami sempat menunggu antrian dengan waktu yang cukup lama. Selama menunggu antrian yang lama kami mendapat pizza agar tidak terlalu bosan menunggu. Disana terdapat 3 cinema. Pada saatnya kami memasuki cinema, kami mendapat kacamata khusus dan memilih tempat duduk dan mengenakan sabuk pengaman. Di dalam cinema 5 Dimensi, tempat duduk nya cukup terbatas, hanya untuk 18 orang. Saat film dimulai, kursi kami ikut bergerak. Tema dari film tersebut seperti orang yang sedang menaiki roller coaster, agak menegangkan dan ada beberapa orang yang berteriak-teriak. Film hanya sebentar. Setelah itu kami semua di arahkan ke sebuah cinema yang lebih besar dan cukup untuk satu angkatan. Disana kami melihat tayangan luar angkasa yang menggambarkan zodiak-zodiak, dll.

Perjalanan kembali ke sekolah


Kemudian kami langsung menuju ke bus untuk perjalanan pulang. Kami tidak jadi pergi ke tempat dunia air tawar karena tidak cukup waktunya. Sebelum perjalanan pulang, kami pergi ke masjid bagi yang muslim untuk melaksanakan ibadah shalat ashar (bagi yang belum) dan menunggu ibadah shalat maghrib. Setelah selesai, kami melaksanakan perjalanan menuju kembali ke sekolah dan pulang dijemput oleh orang tua masing-masing.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Last Year 2017