PENDAPAT TENTANG PENGHAPUSAN TIK


            TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah. Walaupun tidak termasuk mata pelajaran utama, TIK tanpa disadari memiliki peran yang sangat berguna bagi masa depan kita. TIK dapat membantu kita dalam pelajaran di kelas. Seperti membuat laporan, presentasi, dll.  TIK dapat membuat siswa-siswa mahir dan kreatif dalam menggunakan komputer, dll. Siswa juga lebih mudah mengerti ketika guru menjelaskan lewat layar infocus. Siswa juga bisa lebih aktif dalam pelajaran.
            TIK bisa diterapkan dalam perusahaan. Diterapkan juga dalam bisnis dengan perdagangan secara elektronik atau E-Commerce. Bisa digunakan dalam perbankan atau internet banking. Dalam pendidikan juga berguna karena pelajaran banyak dilengkapi dengan kombinasi teknologi. Bisa juga dalam kesehatan seperti penggunaan smart card dan robot bedah.
            Walaupun TIK memiliki banyak manfaat bagi murid, terdapat beberapa akibat dari pelajaran TIK yang harus bisa diawasi oleh guru TIK agar tidak sampai terjadi. Siswa bisa saja menyalah gunakan internet atau sosmed untuk hal-hal yang tidak baik. Dan jika siswa tidak paham betul teori tentang TIK, bisa saja ada kesalahan fatal saat mempraktikannya. Hal ini harus di hindarkan agar TIK tidak berdampak buruk bagi siswa-siswa.
            Dan walaupun demikian, ada saja hal-hal yang membuat mata pelajaran TIK dihapuskan. Banyak anggapan-anggapan yang mendorong keputusan TIK dihapuskan. Seperti anggapan “TIK bukan untuk dipelajari, tetapi TIK digunakan untuk membantu memelajari mata pelajaran yang lain”. Walaupun ada anggapan demikian, TIK harus dikuasai terlebih dahulu agar lebih efektif membantu pelajaran yang lain. Ada juga tempat yang belum dialiri listrik, ini cukup sulit karena TIK tidak dapat berjalan tanpa listrik.

            Akan lebih baik jika diberi bantuan agar tidak ada halangan dalam pelajaran TIK. Mengingat, bahwa kemampuan TIK di Indonesia masih kalah dengan negara-negara maju lainnya. Agar kita dapat menghasilkan generasi yang cerdas, kreatif, dan mahir dalam TIK. TIK juga dibutuhkan untuk mendapat pekerjaan yang menguntungkan, serta masa depan yang lebih baik.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Last Year 2017

Wisata Edukasi 2017 SMP Labschool Jakarta